PENGADUAN SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

Memperhatikan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor : 671/4809/SJ tentang Dukungan Penanganan Pengaduan dalam Pelaksanaan Kebijakan Subsisi Listrik Tepat Sasaran tanggal 16 Desember 2016, dengan ini disampaikan sbb. :

  1. Pelanggan listrik daya 900 VA tarif rumah tangga di PLN Area Pasuruan (meliputi Kabupaten & Kota Pasuruan serta Kabupaten & Kota Probolinggo) pada Desember 2016 sebanyak 263.689 pelanggan. Berdasarkan Permen nomor 28 tahun 2016, tarif R.1.900 VA akan dibagi 2 golongan tarif yaitu rumah tangga yang mendapat subsidi dan Rumah Tangga Mampu (RTM)
  2. Sesuai dengan Basis Data Terpadu dari TNP2K, pelanggan R1 900 VA yang masuk dalam kategori miskin/tidak mampu (yang mendapat subsidi) sebanyak 26.075 pelanggan dan sisanya masuk golongan rumah tangga mampu yang akan mengalami penyesuaian harga rupiah per KWH secara bertahap sesuai permen ESDM nomor 28 tahun 2016
  3. Bagi rumah tangga miskin / tidak mampu yang belum masuk dalam basis data terpadu dari TNP2K, sehingga belum menerima subsidi listrik dapat menyampaikan pengaduan melalui Kementrian ESDM melalui web http://subsidi.djk.esdm.go.id/ yang selanjutnya akan dilakukan pemilahan dan pemeriksaan pengaduan tersebut di Posko Penanganan Pengaduan Pusat sesuai permen ESDM nomor 29 Tahun 2016. PLN Area dan Rayon akan membantu operasional penanganan pengaduan di Kelurahan / Kecamatan tersebut.