Jangan Remehkan Peran Satlinmas Perempuan..

IMG_1040

Kegiatan Sosialisasi  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat terhadap anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang di gelar oleh Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo di Pendopo Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo pada tanggal 19 April 2016. Acara sosialisasi di pimpin langsung oleh Camat Mayangan Kota Probolinggo dan 3 Narasumber  dari Koramil Kota 0820/01, Polsek Mayangan dan Bakespol dan Linmas Kota Probolinggo serta dihadiri oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Satlinmas se Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

IMG_1094Satlinmas adalah Organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Menurut Pasal 9 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, Satlinmas mempunyai tugas :

  1. membantu dalam penanggulangan bencana;
  2. membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat;
  3. membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan;
  4. membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu; dan
  5. membantu upaya pertahanan Negara.

DSC_0975

Dalam kegiatan Sosialisasi tersebut, ada yang menarik dari anggota Satlinmas  yaitu ada 2 (dua) orang perempuan yang menjadi anggota Satlinmas yang mengikuti sosialisasi, kedua perempuan itu bernama Yayuk Rahayu (45) dan Lina Sulistyowati (35) yang berasal dari Kelurahan Jati Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Peran wanita dalam berbagai bidang karya dan pengabdian serta  kesejajaran dengan kaum laki-laki tidak bisa diremehkan. Kondisi tersebut membuktikan bahwa kesejajaran  wanita dengan kaum laki-laki bukan lagi sebuah impian. Kondisi ini membuktikan kepada kita semua, bahwa peran wanita dalam berbagai bidang bukan lagi sebuah impian. Untuk itu jangan anggap remeh peran wanita. Kesejajaran wanita dengan laki-laki di berbagai bidang juga perlu diapresiasi. Salah satu peran wanita adalah dengan ikut mengabdi untuk kepentingan masyarakat bangsa serta Negara menjadi anggota Satlinmas. Diharapkan Satlinmas yang ada dapat menjadi pelopor dan pengerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat dan terwujud kerjasama yang sinergi antara Pemerintah Dearah dengan Instansi terkait TNI, Polri, dan Tokoh Masyarakat , RT/RW untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat  guna menciptakan situasi tertib,  tentram dan aman.